3 Cara Cek Harddisk

3 Cara Cek Harddisk - Setiap computer atau laptop pasti mempunyai Harddisk. Part ini memanglah salah satu sisi utama dari suatu computer tempat menaruh data baik berbentuk dokumen maupun system. Harddisk seperti barang elektronik lain juga mempunyai umur gunakan. Apabila umur gunakan sudah terlampaui, jadi ia mulai tunjukkan beberapa gejala rusak. Maka dari itu saat sebelum itu berlangsung serta seluruhnya data anda hilang tidak terselamatkan, anda mesti tahu cara cek Harddisk. Mengecek harddisk juga dibutuhkan saat anda akan beli yang baru. Cara cek Harddisk dapat anda simak seperti penjelasan yang di bawah ini :
1. Cara cek Harddisk saat membeli
Apabila akan beli harddisk baru anda mesti mengecek situasi fisiknya. Biasanya rusaknya fisik Harddisk berbentuk : penyok dikarenakan terjatuh, lubang baut aus, ada lecet di unit Harddisk. Teliti bahwa tidak ada komponen sisa terbakar di papan sirkuit Harddisk samping bawah. Apabila belum ada label toko, selekasnya minta karenanya bakal mempermudah anda apabila meminta garansi nanti.

2. Cara cek spesifikasi Harddisk
Cek spesifikasi serta info Harddisk di label barcode harddisk. Di label barcode itu umumnya diketemukan data utama tentang harddisk itu diantaranya : merk, ukuran harddisk, jenis konektor atau interface apakah SATA atau IDE, size Harddisk apakah 3, 5 inch untuk PC serta 2, 5 inch untuk laptop, RPM serta kemampuan Cache. Tetapi tidak tiap-tiap data spesifikasi tadi tercatat di label Harddisk, karenanya anda tak perlu sungkan untuk bertanya ke pedagang tentang spesifikasi Harddisk yang akan anda beli.

3. Cara cek Harddisk di PC atau laptop
Untuk memastikan Harddisk anda memiliki bad sector atau tak yaitu dengan menggunakan program ‘CHKDSK’/Disk Error Checking Tool. Biasanya gelagat yang berlangsung apabila Harddisk bad sector adalah performa computer jadi lambat maupun sering ‘hang’. Manfaat meyakinkan Harddisk bad sector atau tak anda bisa mengetikkan CHKDSK. exe melalui command prompt Windows computer anda. Langkahnya klik Start - All Program - Accessories - Command Prompt. Dapat dengan juga menghimpit tombol windows+R, lalu ketikkan ‘cmd’ serta akhiri dengan menghimpit tombol Enter. Setelah Windows terbuka, ketikkan perintah ‘CHKDSK‘, setelah itu tekan tombol Enter, jadi bagian scanning selekasnya digerakkan.

Pada laman website dukungan Microsoft juga di uraikan juga bahwa untuk aktifkan perintah 'Chkdsk' dapatlah dari menu Properties My Computer. Tahapannya yaitu seperti berikut : klik menu my Computer 2 x, lalu klik kanan di pilihan harddisk yang akan anda cek. Selanjutnya klik menu Properties - tentukan tab Tools, serta dibawah tombol Error-checking anda klik tombol Check Now. Sistem checking ini terpulang dari keseluruhan file serta folder, kemampuan volume, keadaan harddisk, serta kekuatan system lain umpamanya CPU dan memori RAM.


Sekian yang bisa disampaikan mengenai 3 cara cek hardisk semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.